Apa itu Invoice? Mengenal Dokumen Transaksi dalam Bisnis

Dalam suatu transaksi bisnis, perlu adanya dokumen yang digunakan sebagai bukti adanya transaksi tersebut. Dengan dokumen tersebut, transaksi akan memiliki riwayat baik bagi penjual maupun pembeli. Yang mana dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, seperti pembukuan keuangan, pencatatan transaksi, arsip, penagihan, permintaan, dan lainnya.

Dalam praktiknya, pelaku bisnis tentu akan mendapatkan lembar dokumen sebagai bukti telah terjadi transaksi antara penjual dan pembeli. Terlebih jika transaksi tersebut belum selesai dilakukan atau bersifat kredit. Maka pembeli akan menerima invoice dari penjual.

Sumber: https://www.chargify.com/blog/relationship-invoicing-invoice-consolidation/

Secara singkat, invoice adalah faktur. Invoice adalah dokumen yang berfungsi sebagai bukti transaksi kredit antara penjual dan pembeli. Namun, ada juga dokumen lain yang memiliki fungsi transaksi kredit juga, namun dikeluarkan oleh pihak pembeli kepada penjual.

Dokumen yang dikeluarkan pembeli ini bernama purchase order. Meskipun cukup terlihat perbedaannya, namun masih saja ada para pelaku bisnis yang masih bingung membedakan antara invoice dengan purchase order.

Di artikel kali ini, akan membahas mengenai invoice dan purchase order serta bagaimana perbedaan keduanya. Sebelum membahas perbedaan antara invoice dan purchase order, ada baiknya memahami pengertian masing – masing. Invoice adalah sebagai berikut.

Pengertian Invoice adalah

Invoice adalah dokumen penting yang dikeluarkan dari perusahaan sebagai pihak penjual kepada pembeli atau pelanggan atas transaksi yang terjadi. Dimana invoice ini dikeluarkan karena transaksi kredit yang terjadi antara penjual dan pembeli.

Selain itu, invoice adalah dokumen yang digunakan sebagai penagihan transaksi kepada pembeli, apabila pembeli belum membayarkan tagihan berdasarkan termin waktu yang telah ditentukan. Dengan adanya invoice, pihak penjual juga mendapatkan perlindungan hukum ketika melakukan penagihan.

Invoice adalah dokumen penting, sehingga harus dibuat beberapa salinan. Biasanya, penjual membuat tiga salinan, atau dapat dibuat berdasarkan kebutuhan. Yang mana salinan pertama diberikan kepada bagian penjualan perusahaan sebagai bukti transaksi dan dokumen penagihan, salinan kedua diberikan kepada bagian keuangan sebagai referensi pencatatan pembukuan, dan salinan ketiga diberikan kepada pembeli sebagai bukti transaksi yang memuat informasi berupa detail produk, harga yang harus dibayarkan dan termin pembayaran. Bagi pembeli, fungsi lain dari invoice adalah sebagai dokumen yang digunakan untuk klaim asuransi atau pengajuan komplain jika produk yang dikirim tidak sesuai atau tagihan tidak sesuai.

Apa itu Purchase order, Dokumen yang sering Disamakan dengan Invoice adalah

Sumber: https://scalefactor.com/scaleblog/what-is-bookkeeping/

Dalam transaksi bisnis, selain invoice ada dokumen lain yang disebut purchase order. Keduanya adalah dokumen yang berbeda, namun memiliki beberapa kesamaan. Inilah yang membuat para pelaku bisnis cukup bingung dalam membedakannya.

Purchase order adalah dokumen pemesanan barang yang dibuat oleh pembeli kepada penjual. Informasi yang terdapat dalam purchase order hampir sama dengan invoice, yaitu detail produk yang ingin dibeli, serta informasi lainnya.

Jadi, bedanya purchase order dengan invoice adalah pihak yang membuat. Dimana puchase order dibuat oleh pembeli, sementara invoice adalah dokumen yang dibuat oleh penjual.

Persamaan Purchase order dengan Invoice adalah

Tidak hanya perbedaan, ternyata purchase order dan invoice memiliki beberapa kesamaan juga. Persamaan purchase order dengan invoice adalah sama – sama menjadi bukti pemesanan dan pembelian produk. Selain itu, purchase order dan invoice sama – sama memiliki payung hukum yang kuat.

Ditambah lagi, informasi yang terdapat di dalam purchase order dan invoice pun sama. Hanya yang membedakan adalah jumlah harga serta diskon pajak saja. Dimana pada purchase order tidak disebutkan informasi tersebut, tapi informasi tersebut ada di invoice.

Leave a Comment